Minggu, 25 Desember 2011

Profil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Serang


PENDAHULUAN
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Serang merupakan lembaga pendidikan tinggi di bawah Yayasan Manba’ul Hikmah yang berlokasi di Desa Sujung Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Provinsi Banten. Berdirinya STIT Serang didasarkan beberapa pertimbangan historis, akademis dan empiris.
Secara historis, wilayah Kecamatan Tirtayasa memiliki kultur akademis yang tinggi, terutama dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman. Salah satu bukti sejarah yaitu peninggalan Sultan Agung Tirtayasa Serang, kelahiran Imam Nawawi Al-Bantani yang pe ngaruhnya bukan hanya di tingkat lokal tetapi juga di tingkat nasional bahkan internasional. Di tingkat lokal, terdapat ulama yang konsisten mengembangkan ilmu-ilmu keislaman seperti K.H. Sulaeman, K.H. Sanwani, K.H. AS. Hasan, Prof. Dr. M.A. Tihami, M.A dan banyak lagi ulama serta cendekiawan yang lahir dari wilayah Tirtayasa serta memiliki bekal ilmu Islam awal dari tanah kelahirannya.
Minat kajian ilmu-ilmu Islam di wilayah Tirtayasa Serang sampai sekarang terus dikembangkan. Dalam konteks inilah antara lain gagasan STIT Serang berdiri. Selanjutnya pengelola STIT Serang terus berupaya membangun masyarakat sekitar untuk memiliki kompetensi ilmu Islam sehingga menjadi Islam ilmu bagi kehidupan alumni dan masyarakat. Dari STIT Serang diharapkan melahirkan ulama yang intelek dan intelek yang ulama.

TUJUAN
Tujuan pembangunan kampus STIT Serang:
1.      Memiliki kampus yang strategis dan memenuhi kebutuhan civitas akademika dalam pencapaian kompetensi lulusan.
2.      Memiliki fasilitas yang mendorong tercapainya program akademik dan administrasi.
3.      Menciptakan lingkungan kampus yang menjadi sumber pembelajaran bagi civitas akademika.

LOKASI KAMPUS
Lokasi: Desa Sujung Kecamatan Tirtayasa Kab. Serang (Komplek Perguruan Manba’ul Hikmah Sujung Tirtayasa Serang Banten).

2 komentar:

  1. assalamualaikum wr.wb
    perrkenalkan saya mahasiswa stit serang smester akhir merasa bangga kampus stit punya web. tapi tlong bener-bener dikelola supaya nti cari informasinya tidak terputus. saya sendiri nyari data nama-nama dosen ga ktemu terima kasih smoga tergugah.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum...cek cek 123..

    BalasHapus